Social Icons

Jumat, 01 Mei 2015

Modul Pembiayaan Pendidikan



PEMBIAYAAN PENDIDIKAN


MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pembiayaan Pendidikan
Dosen Pembimbing : Nina Oktarina S.Pd., M.Pd.

Disusun Oleh :
1.     Bangkit Candra B.     (7101412008)
2.     Hendi Apriyanto                  (7101412024)
3.     Ragil Waseza              (7101412029)
4.     Agus Wigianto           (7101412037)
5.     Hendra Ibnu A. D.      (7101412071)
6.     Devi Setiadi                (7101412107)



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Suatu lembaga akan dapat berfungsi dengan memadai kalau memiliki sistem manajemen yang didukung dengan sumber daya manusia (SDM), dana/biaya, dan sarana-prasarana. Sekolah sebagai satuan pendidikan juga harus memiliki tenaga (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga administratif, laboran, pustakawan, dan teknisi sumber belajar), sarana (buku pelajaran, buku sumber, buku pelengkap, buku perpustakaan, alat peraga, alat praktik, bahan dan ATK, perabot), dan prasarana (tanah, bangunan, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga), serta biaya yang mencakup biaya investasi (biaya untuk keperluan pengadaan tanah, pengadaan bangunan, alat pendidikan, termasuk buku-buku dan biaya operasional baik untuk personil maupun nonpersonil). Biaya untuk personil antara lain untuk kesejahteraan dan pengembangan profesi, sedangkan untuk biaya nonpersonil berupa pengadaan bahan dan ATK, pemeliharaan, dan kegiatan pembelajaran.
Suatu sekolah untuk memiliki tenaga kependidikan yang berkualitas dengan jumlah yang mencukupi kebutuhan memerlukan biaya rekrutmen, penempatan, penggajian, pendidikan dan latihan, serta mutasi. Dalam usaha pengadaan sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran tentu saja diperlukan dana yang tidak sedikit, bahkan setelah diadakan maka diperlukan dana untuk perawatan, pemeliharaan, dan pendayagunaannya. Meskipun ada tenaga, ada sarana dan prasarana, untuk memanfaatkan dan mendayagunakan secara optimal perlu biaya operasional baik untuk bahan dan ATK habis pakai, biaya pemeliharaan, maupun pengembangan personil agar menguasai kompetensi yang dipersyaratkan. Dari uraian di atas jelas bahwa untuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah perlu biaya, paling tidak memenuhi pembiayaan untuk memberikan standar pelayanan minimal.
Biaya pendidikan merupakan komponen sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Dapat dikatakan bahwa proses pendidikan tidak dapat berjalan tanpa dukungan biaya. Dalam konteks perencaaan pendidikan, pemahaman tentang anatomi dan problematik pembiayaan pendidikan amat diperlukan. Berdasarkan pemahaman ini dapat dikembangkan kebijakan pembiayaan pendidikan yang lebih tepat dan adil serta mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif.
Setiap keputusan dalam masalah pembiayaan pendidikan akan mempengaruhi bagaimana sumber daya diperoleh dan dialokasikan. Oleh karena itu, perlu dilihat siapa yang akan dididik dan seberapa banyak jasa pendidikan dapat disediakan, bagaimana mereka akan dididik, siapa yang akan membayar biaya pendidikan.Demikian pula sistem pemerintahan seperti apa yang paling sesuai untuk mendukung sistem pendanaan pendidikan.

B.            Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diungkapkan maka dapat dirumuskan sub-sub masalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana sejarah pembayaan pendidikan di Indonesia?
2.    Apa Pengertian pembiayaan pendidikan dan jenis – jenis biaya pendidikan?
3.    Bagaimana sumber – sumber pembiayaan pendidikan?
4.    Apa dasar hukum pembiayaan pendidikan dan model pembiayaan pendidikan?
5.    Bagaimana perencanaan keuangan sekolah?
6.    Bagaimana akuntansi sektor pendidikan?
7.    Bagaimana sistem akuntansi biaya pendidikan di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi?
8.    Bagaimana kapitalisasi pendidikan?
9.    Bagaimana pengawasan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah?

10.     Apa arti penting pendidikan dalam pembentukkan human Capital?


Untuk lihat selengkapnya silahkan klik LINK ini...

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRITIK DAN SARAN KAMI PERLUKAN DEMI PERBAIKAN BLOG INI !!