PENGANGGARAN
“Anggaran Penjualan”
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Penganggaran
Dosen Pembimbing : Badingatus Solikhah S.E., M.Si.
Disusun Oleh :
1.
Bangkit Candra
B. (7101412008)
2.
Hendi Apriyanto (7101412024)
3.
Ragil Waseza (7101412029)
4.
Agus Wigianto (7101412037)
5.
Hendra Ibnu A.
D. (7101412071)
6.
Devi Setiadi (7101412107)
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Indonesia
sebagai negara yang sedang berkembang, khususnya di bidang ekonomi memerlukan pengelolaan
dan peningkatan yang lebih baik lagi agar dapat bersaing dengan negara lain.
Perusahaan sebagai salah satu komponen di dalam pembangunan ekonomi harus dapat
meningkatkan pengelolaan dan pengoperasian perusahaan maupun manajemennya,
karena manajemen sangat menentukan proses pengambilan keputusan dalam
menjalankan aktivitas perusahaan.
Bagian
penjualan dan pemasaran mempunyai peranan penting dalam mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan. berdasarkan hal tersebut, manajemen harus
berupaya sebaik-baiknya agar seluruh kegiatan operasional perusahaan dapat
berjalan secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan yang telah
ditetapkan, yaitu memperoleh laba dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup
perusahaan.
Agar
tujuan tersebut dapat tercapai, manajemen bertumpu pada fungsi perencanaan dan
pengendalian. Salah satu cara yang dapat yang dapat digunakan manajemen untuk
melaksanakan fungsi-fungsi tersebut adalah dengan menggunakan anggaran.
Anggaran adalah suatu rencana terinci dan menyeluruh dari kegiatan perusahaan
yang dijabarkan dalam suatu kuantitatif untuk periode tertentu di masa yang
akan datang, agar anggaran dapat berfungsi baik maka anggaran harus disusun
terperinci dan terpadu serta didukung oleh seluruh komponen perusahaan.
Pada
umumnya anggaran perusahaan disusun dari anggaran penjualan dan atas dasar
penjualan dapat disusun anggaran-anggaran lainnya yang dapat digunakan untuk
meningkatkan efektivitas pengendalian aktivitas perusahaan.
B.
MASALAH
Berdasarkan
latar belakang yang telah diungkapkan maka dapat dirumuskan sub-sub masalah
sebagai berikut:
1. Apa
pengertian anggaran penjualan?
2. Apa
saja kegunaan anggaran penjualan?
3. Apa
saja faktor- faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran penjualan?
4. Bagaimana
cara- cara melakukan penaksiran penjualan dengan metode trend moment dan metode trend
least square?
5. Bagaimana
bentuk anggaran penjualan?
6. Beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan anggaran penjualan?
7. Apa
saja tujuan dan fungsi anggaran penjualan?
C.
TUJUAN
Berdasarkan
sub-sub masalah yang telah diungkapkan diatas, maka tujuan dari penulisan
makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui
pengertian anggaran penjualan.
2. Mengetahui
kegunaan anggaran penjualan.
3. Mengetahui
faktor- faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran penjualan.
4. Mengetahui
cara- cara melakukan penaksiran penjualan dengan metode trend moment dan metode trend
least square.
5. Mengetahui
bentuk anggaran penjualan.
6. Mengetahui
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan anggaran penjualan.
7. Mengetahui
tujuan dan fungsi anggaran penjualan.
Selengkanya klik LINK ini....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
KRITIK DAN SARAN KAMI PERLUKAN DEMI PERBAIKAN BLOG INI !!